Fish Me

Mancing Bareng Milis di Winong Ciledug 28 April 2012

AddThis Social Bookmark Button

Di penghujung April 2012, Milis Mancing Ikan Mas kembali mengadakan acara Mancing Bareng. Acara yang digagas oleh Bang Marga ini, disepakati Mancing Bareng dengan sistem Borong Empang.

Mancing Bareng Milis Mancing Ikan Mas

Mancing borongan dilaksanakan di sebuah empang yang terletak di seputan jalan Winong Ciledug. Menurut pemilik empang, Bang Iman, ikan yang ditebar adalah Bawal, Patin, dan beberapa ekor Gurame yang sengaja dibesarkan atau dipelihara sekitar 5 bulanan.

Dari milis juga telah beberapa kali melakukan survei dan menganggap harga yang ditawarkan sebanding dengan tebaran ikan pada saat acara nanti.

Mustika J Sanusi (Mang Uci) selaku Pelaksana dari Acara Mancing Bareng ini menuturkan bahwa dari sejak diumumkan hingga menjelang hari pelaksanaan telah terdaftar sebanyak 40 peserta mancin bareng. Namun hanya 32 peserta terdaftar yang dapat hadir pada acara tersebut. Meski demikian, peserta tetap mengacu pada kesepakatan, untuk biaya mancing borongan akan dipikul bersama, yakni biaya total borongan dibagi jumlah peserta yang hadir.

Mancing Bareng Milis Mancing Ikan Mas

Sabtu, 28 April 2012. pukul 08.30 wib, Mancing Info telah berada di lokasi Acara Mancing Bareng. Setelah hampir semua peserta datang, kemudian dilakukan pengundian lapak. Pukul 09.15, aba-aba dimulainya acara terdengar lewat pengeras suara.

Mancing Bareng Milis Mancing Ikan Mas

Serentak semua peserta melontarkan umpannya ke empang. Tidak sampai 5 detik, bawal-bawal penghuni empang langsung menyambar umpan yang jatuh. Strike dan hook up terjadi hampir bersamaan. Setiap lontaran peserta hampir rata-rata menghasilkan. Tampaknya ikan bawal yang mendominasi perairan ini seakan menyambar apa saja yang dilontarkan pemancing.

Persiapan adalah kunci keberhasilan untuk bisa memperoleh hasil lebih banyak dari yang lain. Pada jam-jam pertama ini sambaran terjadi di setiap lapak. Selain umpan, ukuran kenur dan rangkaian mata kail serta peralatan bantu khusus menjadi penentu agar bawal dapat terangkat.

Kekerasan umpan yang tidak terlalu lembek menguntungkan mempercepat pulungan umpan. Ukuran kenur lebih besar dari yang biasa digunakan pada saat mancing ikan mas pelampungan sangat menguntungkan karena dapat mempercepat waktu fight. Rangkai pancing menggunakan neklin (kawat baja) dengan ukuran kail nomer 5 atau 6 mampu mengatasi gigitan tajam ikan bawal ini. Dan tak kalah pentingnya adalah tang (disgorger) yang berguna untuk melepas kail yang menancap di mulut ikan.

Hampir selama 2 jam para pemancing disibukkan oleh tarikan bawal. Setelah jam 11, intensitas sambaran ikan mulai menurun. Hal ini justru memberi kesempatan peserta untuk tarik nafas, minum atau merokok. Dan kesempatan untuk kembali bercanda atau mengobrol.

Menjelang makan siang, gerombolan ikan bawal seperti menghilang dari empang. Jenis ikan lain terutama patin mulai ikut terangkat. Untuk Patin, selain karena umpan dimakan ada juga yang terangkat karena secara tidak sengaja tersangkut pada sirip atau bagian tubuh lainnya.

Ternyata setelah makan siang sambaran ikan menjadi semakin jarang. Hanya di beberapa tempat tertentu pemancing dapat menaikkan Patin, Gurame dan ikan mas yang baru ditebarkan oleh pemilik empang

Mancing Bareng Milis Mancing Ikan Mas

Untuk acara Mancing Bareng kali ini, semua peserta mengungkapkan rasa kepuasan dapat mancing dan terus- terusan menarik ikan. Sambaran ikan pada awal-awal acara benar-benar seperti serangan bertubi-tubi sesuai karakteristik ikan bawal (Pacu Fish).

Saat kepulangan, terlihat banyak peserta yang kerepotan membawa hasil tangkapan. Tak ada yang pulang dengan tangan kosong, rata-rata korang-korang pemancing terisi penuh.

Sambil kembali bersalaman untuk pulang ke rumah masing-masing, banyak peserta yang menginginkan agar acara seperti ini segera diadakan kembali dalam waktu dekat.

Mancing Info dan Mailing List Mancing Ikan Mas mengucapkan terima kasih pada peserta Acara Mancing Bareng ini serta apresiasi setinggi-tingginya buat para penggagas dan pelaksana Acara.

Salam mancing,
Sulistiono

Foto-foto Mancing Bareng Milis Ikan Mas Winong Ciledug 28 April 2012

Mancing Bareng Milis Mancing Ikan Mas

Mancing Bareng Milis Mancing Ikan Mas

Mancing Bareng Milis Mancing Ikan Mas

Mancing Bareng Milis Mancing Ikan Mas

Copyright © www.mancing.info

Additional information