Fish Me

Mancing Galatama Ikan Mas di Pemancingan BBM

AddThis Social Bookmark Button

Rabu, 11 April 2012, Mancing Info menerima pesan ajakan dari Kang Ito produsen Umpan Djempol bergalatama di Pemancingan BBM Pamulang. Berikut laporan mancing galatama 2 joran di Kolam Pancing BBM.

Pemancingan Galatama BBM Pamulang

Pukul 14:30 wib, mewakili Mancing Info, saya sudah tiba di lokasi pemancingan yang terletak di daerah Benda Baru Pamulang. Kang Ito sendiri belum terlihat batang hidungnya, "Sebentar lagi sampai Om", demikian info yang saya terima pada handset BB. Oleh salah satu panitia galatama, saya diantar dan dikenalkan kepada 2 kedi yang nanti akan membantu saya dan Kang Ito.

Kedi telah siap umpan

Salah satu dari kedi mengatakan bahwa untuk galatama kali ini sudah disiapkan umpan aci yang mereka sebut 'blueberry'. Terlihat oleh saya kantong plastik berisi umpan aci siap pakai berwarna ungu kehitman, umpan Bom tebaran dan beberapa rangkaian bemper dan mata kail. Saya tidak menanyakan komposisi umpan yang dibuat tersebut, saya yakin komposisi umpan tersebut biasa dipakai di galatama BBM ini. Peralatan pancing yang kami pakai pun sudah disiapkan. Haha.. enak juga ya, mancing tinggal datang saja ke empang.

Sesaat setelah pengundian lapak, tampak Kang Ito tersenyum menghampiri. "Maaf Om, agak terlambat saya datangnya" ujarnya sambil menyalami saya. Kami mengobrol sebentar, kemudian mempersilahkan saya memilih lapak yang kami dapat untuk sesi pertama ini. Disepakati, saya menempati lapak 28 dan Kang Ito lapak 40.

Lomba Galatama ikan mas di Pemancingan BBM ini menggunakan 2 joran dangan durasi sesi selama 3 jam. Saya lontarkan satu joran pada jarak 3 meter di muka lapak, umpan tebaran atau umpan bom di spot yang dekat ini cukup dilempar saja. Joran yang satu lagi saya arahkan tepat di sisi blower pada jatuhnya air yang memancur. 3 lontaran menimbun umpan pada titik binaan (hotspot) saya anggap cukup dan mulailah kami memancing.

Beberapa detik setelah kedua joran duduk pada cagak, kenur pada spot dekat tampak bergerak mengencang (ngacir). Untuk jarak kurang dari 3 meter, strike atau menggentak joran saya lakukan dengan cara hanya mengangkat joran dengan sedikit sentakan mengingat jarak lontaran yang dekat. Kalau terlalu kencang terkadang malah membuat bibir ikan sobek dan gagal terkait. Seekor ikan mas rame dengan ukuran hampir 1 kilogram-an segera menyerah di serokan. Rupanya spot dekat potensial menjadi tempat berkumpulnya ikan. Lontar lagi dan tak berapa lama kenur langsung ngacir.

Benar seperti apa yang telah Kang Ito ucapkan, si Produsen Umpan Djempol ini menempatkan saya di lapak ramai ikan. Karena spot jauh pun mulai menambah isi korang.

20 menit lomba berjalan, salah satu kawan mancing yang saya kenal bernama Hendro Nugroho yang akrab disapa Kang Nug datang menghampiri saya. Beliau dikenal sebagai pengoplos umpan galatama. Umpan oplosan Kang Nug banyak dipakai pemancing untuk bergalatama. Sebagai pelanggan tetap Pemancingan BBM, Kang Nug saya anggap sebagai Tuan Rumah dan hari itu kebetulan juga namanya ada di daftar peserta. Kami ngobrol sebentar dan saya ditawari umpan yang sudah jadi kalau umpannya habis. :)

Pemancingan Galatama BBM Pamulang

Hampir dua jam sesi pertama ini, ikan-ikan mas galatama di Pemancingan BBM masih makan cukup bagus. Lapak kanan-kiri terlihat susul-menyusul menaikkan ikan. Namun hari itu, cuaca kurang bersahabat, hujan turun dengan derasnya diikuti angin yang kencang. Para pemancing mulai mundur meneduh agar tidak basah. Joran hanya dilihat dari jauh. Dan ikan sepertinya ikut merasakan perubahan cuaca tersebut sampai terlihat malas makan.
"Ganti umpan Pak! kasih amis dikit, barangkali mau makan lagi!?" ujar kedi menawarkan. Saya hanya menggeleng, tidak usah, kita pakai saja umpan ini sampai habis.

Hujan deras di Pemancingan BBM Pamulang

Hingga sesi pertama berakhir, saya di lapak 29 memperoleh 27 ekor tanpa ikan super dan Kang Ito di lapak 40 2 ikan super 5,7 kg dan 5,4 kg tapi sayang tidak masuk nominasi yang rata-rata diatas 6 kg.

Sesi kedua, saya menempati lapak 23, hasil 25 ekor, nimbang super tapi tidak nominasi seberat 5,7 kg. Kang Ito di lapak 29, bernasib sama hanya menarik ikan-ikan rame saja. Meski belum ada yang masuk nominasi, kami puas mancing hari itu. Ikan makan cukup bagus dan turun 2 joran memperbesar kesempatan menarik ikan.

Sebelum pulang, pengelola Pemancingan BBM bapak Bambang sempat menanyakan hasil mancing kami hari itu. Saya jawab, puas Pak nariknya. :)

Terima kasih buat Kang Ito sudah mentraktir Mancing Info bergalatama. Semoga makin sukses Umpan Djempol-nya.

Salam Mancing,
Sulistiono

Copyright © www.mancing.info

Additional information