Fish Me

Spesis

AddThis Social Bookmark Button

Ikan Mas (karper, Common Carp) yang di kenal di Indonesia memiliki nama latin Cyprinus Carpio dari keluarga Cyprinid. Common Carp adalah strain asli Ikan Mas yang mendominasi keberadaan ikan ini di perairan. Ikan Mas dapat hidup sendiri maupun berkelompok di perairan tawar yang berlumpur.

Read more: Spesis

Perkembangbiakan

AddThis Social Bookmark Button

Seperti ikan-ikan lainnya, cara berkembang biak Ikan Mas adalah bertelur. Masa pijahnya (breeding season) bisa terjadi sepanjang tahun. Tetapi di perairan alami daerah tropis masa kawinnya adalah pada saat awal musim hujan di mana saat itu terjadi rangsangan dari aroma tanah kering yang tergenang oleh air.

Read more: Perkembangbiakan

Habitat

AddThis Social Bookmark Button

Ikan Mas hidup di alam bebas pada sungai berarus tenang sampai sedang dan area perairan air tawar lainnya seperti danau, waduk dan situ. Ikan ini menempati perairan dengan kedalaman yang dangkal sampai sedang, dapat hidup dan berkembang biak dengan baik di wilayah perairan dengan ketinggian 150-600 meter dpl dengan suhu kisaran 25-30° C. Ikan Mas menyukai perairan hangat dengan warna air yang agak keruh yang banyak menyediakan pakan alami. Ikan Mas adalah ikan air tawar yang mampu hidup di air payau seperti tambak atau rawa-rawa di pesisir maupun muara sungai dengan kadar garam 25-30%.

Read more: Habitat

Kebiasaan Makan

AddThis Social Bookmark Button

Setiap hewan memiliki tingkah laku (behavior) yang berbeda-beda. Pada ikan, khususnya Ikan Mas, selain mengenal spesis, perkembangbiakan dan habitat maka kebiasaan makan (feeding habit) juga penting untuk diketahui, karena pengetahuan ini akan menjadi petunjuk bagi pemancing dalam menentukan umpan, mengetahui waktu makan, selera makan dan sebagainya.

Read more: Kebiasaan Makan

Additional information