Fish Me

Umpan Mancing Ikan Mas dari Pakan Burung

AddThis Social Bookmark Button

Kadang kala untuk membuat umpan mancing ikan mas, jangan kaget bila makanan unggas peliharaan bisa menjadi umpan mancing yang jitu

Saya janjian dengan teman saya yang bernama Pitono untuk mancing ikan mas harian, dengan ketentuan, untuk umpan mancing biar Pitono yang buat. Saat itu saya malah diminta untuk membelikan pakan burung peliharaannya dengan merek “Malaw” 3 bungkus seharga 5 ribu rupiah dan sayapun menyetujui.

Sampai tiba harinya, kami berjanji bertemu di empang makanya saya berangkat sendiri dari rumah hanya membawa pakan burung merek “Malaw” tersebut dan sedikit umpan sisa. Dari pada menunggu terlalu lama mending duduk di lapak mancing saja, siapa tahu umpan yang hanya tidak lebih dari sebesar telur ayam kampung bisa mendapatkan ikan banyak. Rupanya saya tiba terlebih dahulu, peralatan dipersiapkan, umpan yang hanya sedikitpun diandalkan untuk menaikkan ikan mas, banyak rupanya ikan berkumpul di muka lapak saya tapi tak satupun yang tersangkut, mungkin kalah cepat antara ikan makan dan waktu gentak.

Hanya dalam satu jam, umpan yang saya bawa habis sedangkan teman saya belum juga terlihat batang hidungnya, masa pakai umpan dari pakan burung? Dan karena iseng, saya pun membuka sebungkus pakan burung tersebut dan mengambilnya sedikit lalu diberi air empang, ternyata baunya enak bener, seperti umpan pelet jitu pikir saya dan tanpa pikir panjang dari sebungkus pakan burung tersebut saya aduk menjadi umpan mancing ikan mas hanya menggunakan air empang sebagai pelembeknya dan pakan itu lagi sebagai pengeras bila kelembekan.

Umpan pertama langsung saya jatuhkan di titik spot tadi saya mancing, tidak lama berselang kumbul mulai ngetrik dan joran saya tarik ternyata kosong tapi saya yakin kalau yang makan itu ikan mas bukan ikan mujaer. Umpan kedua kembali saya turunkan dan tidak lama kembali kumbul ngetrik dan kali ini saya sedikit lebih bersabar agar kejadian pertama tidak terulang dan pelampung bulu merak saya terlentang pertanda ikan sudah tersangkut, joran kembali saya gentak dan seekor ikan mas tersangkut di ujungnya.

Wah, ternyata pakan burung ini bisa digunakan sebagai umpan dan sayapun terus menggunakan sebagai umpan mancing hingga teman saya itu datang.

“Loe pake umpan apaan tuh? kok kuning gitu” Pitono terheranan melihat umpan yang saya pakai.
“Nanti aja, gue kasih tau, mancing dulu dah” begitu sahut saya tidak mau terganggu karena pertanyaan mengenai umpan yang saya pakai.

Karena saya sudah menggunakan umpan saya sendiri maka Pitono-pun menggunakan umpan mancing ikan mas andalan yang dibuatnya di rumah, hingga jam 14.00, hasil perolehan saya sudah 5 ekor sedang Pitono hanya dapat 2 ekor padahal lapak yang kita pakai pas bersebelahan.

“Gue penasaran umpan yang elo pake?!” Pitono mengambil sedikit umpan saya dan mencium aromanya.
”ini sih makanan ayam kecil ya?!?”
“Iya! Yang penting hasil lebih bagus dari pada umpan mahal” sahut saya merahasiakan bahan pembuat umpannya.

Makin sore, perolehan saya makin bertambah, jam 16.00 saya sudah mendapatkan hasil 10 ekor sedang Pitono hanya mendapat 3 ekor. Saya masih tidak menceritakan apa resep umpan mancing saya pada Pitono walau pada saat beres-beres, Pitono terus berguman mengenai umpannya yang kalah dengan umpan mancing saya.

“Gue heran, masa umpan gue kalah sama makanan ayam!?” guman Pitono pada saya.
”Padahal biasanya bagus” ujarnya lagi.

 Ikan mas hasil pancingan yang saya dapatkan, saya bagi ke Pitono 5 ekor sedang saya cukup bawa 5 ekor saja untuk dibawa pulang ke rumah.

 “Pakan burung gue mana? jadi loe beliin nggak?” Pitono ingat akan pakan burungnya.
“Nih! 2 bungkus aja, yang sebungkus jatuh dan ketuker” sahut saya.
“Jatuh dan ketuker bagaimana?” Pitono tidak mengerti maksud ucapan saya.
“Jatuh ke empang dan bertukar menjadi ikan mas, hahaha!” saya tidak lagi bisa menahan tawa dan membuka rahasia umpan mancing ikan mas yang saya pakai hari itu.
“Gila loe ya! apa aja loe bikin jadi umpan tapi boleh juga tuh, bisa ngalahin umpan gue” kata Pitono sembari tersenyum.

Pelajaran mengenai membuat umpan mancing ikan mas kali ini adalah:
Mungkin karena terbiasa mencium aroma umpan mancing ikan mas hingga berbagai jenis aroma umpan dapat teringat dan diketahui bahan dasarnya. Pemakaian pakan burung ini sebenarnya tanpa disengaja hanya karena aroma dari pakan ini seperti umpan pelet. Waktu saya cari tahu mengenai pakan ini, ternyata memang dibuat dari pelet dan kroto basi yang dihaluskan menjadi satu. :)

Salam mancing,
Mustika J Sanusi

Copyright © www.mancing.info

Additional information