Fish Me

Kenapa Ikan Mas Melompat?

AddThis Social Bookmark Button

Pada waktu mancing ikan mas di pemancingan, sering kita melihat tiba-tiba seekor ikan mas melompat dari perairan. Fenomena ini diartikan sebagian pemancing bahwa tepat di titik ikan tadi melompat merupakan daerah yang efektif untuk dijadikan spot lontaran umpan. Benarkah anggapan itu? Lalu kenapa ikan mas tadi berusaha melompat dari perairan?

Dari beberapa literatur yang didapat dari hasil googling, saya rangkum menjadi sebuah artikel yang mungkin berguna bagi para pemancing ikan mas pembaca setia Mancing Info.

Seperti kita ketahui bahwa sebagian besar ikan memiliki apa yang dinamakan Gelembung Renang, yang vital digunakan oleh ikan untuk mengontrol saat dia berenang maju, mundur, naik ke permukaan maupun menyelam. Kemampuan itu dilakukan ikan mas dengan cara menaikkan atau menurunkan volume gas pada gelembung renang ikan yang terhubung dengan esofagus.

Proses alami tubuh ikan pada dasarnya mampu mengurangi volume gas yang ada pada gelembung renang. Namun terkadang ikan bergerak secara abnormal atau spontan seperti ketika ikan terkejut atau menyelam terlalu cepat sehingga volume gas menjadi tidak sesuai dan tak mampu dilepas secara normal. Hal inilah yang menyebabkan ikan mas kemudian melompat keluar dari perairan dan saat tubuhnya terhempas di permukaan air akan memaksa gas yang berlebih tadi keluar dari gelembung renangnya.

Disamping itu ada beberapa perilaku ikan mas yang juga dianggap sebagai penyebab mengapa ikan ini akan melompat keluar dari air. Ikan mas dikenal sangat rakus, selain umpan yang disediakan pembudidaya atau pemancing, ikan mas juga melahap makanan alami seperti kerang, kepiting, udang dan jenis-jenis ikan kecil. Makanan-makanan tersebut dapat menyisakan cangkang-cangkang keras pada pencernaannya, belum lagi pertikel-partikel keras pada dasar perairan juga dapat tidak sengaja terhisap. Maka untuk mengeluarkan kotoran dan partikel-partikel yang mengganggu, ikan mas akan melakukan satu dua lompatan.

Begitu pula disaat ikan mulai terganggu oleh parasit yang menempel pada tubuhnya, ikan mas akan berusaha membersihkan penganggu-pengganggu tersebut dengan cara melompat dan menghempaskan tubuhnya ke permukaan air.

Perairan sebagai habitat tempat hidup ikan mas dapat berupa lumpur lunak yang sesungguhnya juga menyajikan makanan alami. Ikan mas mampu menembus lapisan lumpur hanya untuk mencari makanan tersebut. Dan untuk membersihkan insangnya dari lumpur yang terhisap, ikan mas kembali memanfaatkan lompatannya.

Jika diperhatikan arah lompatan tidak selalu ke atas, kadang terlihat juga dia melompat ke depan atau ke arah sisi. Perilaku ini dapat mudah terlihat di kolam budidaya dimana sekelompok ikan mas akan melompat susul meyusul ke arah umpan ditebar. Jadi lompatan ini sebenarnya ditujukan agar ikan selalu ada dalam kelompoknya.

Perilaku ikan mas yang melompat seperti itu tentu dapat dimanfaatkan oleh pemancing bahwa hal tersebut mengindikasikan keberadaan ikan mas pada dasar perairan dan tahu kemana umpan akan ditempatkan.

Selain hal yang telah dibahas di atas, ada beberapa penyebab mengapa ikan mas melompat dari air namun justru akan menjauh ketika pemancing mencoba melontarkan umpan ke arahnya. Diantaranya adalah ketika ikan mengalami rasa takut atau terkejut luar biasa. Hal ini merupakan tabiat yang wajar pada ikan, untuk menyelamatkan dirinya dari sesuatu yang dianggapnya membahayakan. Perilaku ini juga dapat terlihat pada saat musim kawin, dimana Sang Jantan bertingkah aktif hingga melompat ke udara untuk menunjukkan keberadaannya pada si Betina.

Dari penjelasan di atas, tentu dua pertanyaan di atas sudah terjawab. Pemancing akan mudah menafsirkan fenomena lompatan ikan mas yang mana yang dapat dimanfaatkan.

Salam mancing,
Sulistiono

Copyright © www.mancing.info

Additional information