Fish Me

Tinjauan struktur Umpan Menurut Dr Osman

AddThis Social Bookmark Button

Tinjauan struktur Umpan Menurut Dr. Osman
Artikel kiriman Wildhan Pancing - tetimulyawa****@yahoo.c**

Mancing ikan mas itu yang paling penting adalah Umpan. Pemancing yg “bodoh” tapi umpannya bagus akan mempunyai kesempatan dapat ikan. Tapi jawara mancing dikasih umpan amburadul kemungkinan akan gigit jari.
Ayo ngobrol-ngobrol umpan ikan mas yuk!

Nih.. dari segi umpan ikan mas itu dilihat dari dua hal, yang pertama “kualitas umpan” yang keduanya “struktur umpan”. Kwalitas umpan itu bergantung pada keadaan gizi umpan, disini harus paham tentang kadar protein, asam amino, asam amino yg essensial, karbohidrat, lemak. Nah itu adalah dasarnya umpan.

Yang sering diperhatikan umpan yang sering juara tuh perbandingan kadar kandungannya sebagai berikut:

  • protein 30-38%
  • karbohidrat 6-15%
  • lemak 10-20%
  • vitamin & Mineral biasanya sudah ada dibahan dasar umpan

Jika umpan kandungan kadar proteinnya bagus, umpan akan dimakan oleh ikan tidak lama setelah dicicip oleh ikan Mas. Konon ikan Mas itu mempunyai cara makan disedot di mulutnya terus diputer lalu dalam waktu 1 detik ikan tersebut sudh tahu bahwa umpan itu baik untuknya atau tidak, jika umpan itu jelek atau tidak baik untuk dirinya maka akan disembur kembali oleh ikan mas.

Nah untuk menentukan resep ikan mas itu harus dihitung, sebaiknya gunakan timbangan digital agar akurat.
Untuk bahan dasar umpan yang akan dipakai kita juga harus tahu dulu kadar kandungannya. Sehingga akan dihasilkan struktur umpan yang bagus agar ikan mas cepat mengetahui atau dapat mencermati dengan segera umpan tersebut. Akan tetapi kwalitas umpan juga menentukan apakah umpan ini akan dimakan atau tidak.
Umpan dengan struktur bagus tapi kwalitasnya kurang, kemungkinan umpan ini akan menghasilkan sambaran jika digunakan sebagai umpan sprint (tarikan-tarikan awal) saja ½ jam untuk kemudian tinggal bengong.

Didalam struktur umpan yang penting :

  • Atraktan
  • Aditif
  • Kehalusan

Protein didalam umpan ikan emas?

Alamiahnya, Ikan mas ternak harus banyak makan protein supaya cepat berkembang biak. Banyak penelitian di Kolam ikan ternyata kadar uji umpan ikan ideal proteinnya antara 25-50% di bawah itu bisa-bisa umpan kita tidak dimakan. Maka biasanya pemancing merekayasa pada umpannya dengan kadar proteinnya 35-40% (belum dikasih kroto). Jadi jika ditambahkan kroto proteinya akan menjadi 38-45%, dimana jika umpannya terjemur juga sama matahari akan dapat menguap dan kadar protein tak akan naik jadi 50 %.

Bagaimana cara menghitung kadar protein?

Dengan perhitungan sederhana saja, misalnya: 1 Ons (100gram) kroto super (50%) kadar proteinnya, jadi ada 100gr x 50 % = 50 gram protein, ditambah terigu 50 gram (7%) ini menyumbang 3,5 gram protein, maka dalam campuran umpan ada 150 gram dengan kandungan protein sebesar 53, 5 gram. Jadi kandungan protein campuranadalah (53,5 : 150) x 100% = 35,666%. Semakin banyak bahan yang dicampur makan akan semakin banyak pula hitungannya jadi kita harus punya data kadar protein bahan-bahan umpan yang akan kita pakai.
Tentu perhitungan ini jangan membuat pemancing bingung, karena jika sudah terbiasa meramu dan bereksperimen dengan umpan, hitung menghitung ini akan jadi lebih mudah.
Praktisnya kita harus tahu bahan dasar yang proteinya dibawah 25% dan bahan campuran yang bagus yang memiliki kandungan protein diatas 25 %.

Copyright © www.mancing.info

Additional information