Fish Me

Umpan Mancing Ikan Bawal Pakai Buah Dan Sayuran

AddThis Social Bookmark Button

Umpan apa yang akan anda pakai untuk mancing ikan bawal (Pacu Fish)?

Di antara yang menjawab pasti lebih dominan untuk menggunakan umpan seperti cacing, tempe yang dipotong dadu, anak ikan mas merah dan berbagai jenis serangga yang biasa dipakai sebagai umpan mancing ikan. Tapi, tahukah anda bahwa mancing ikan bawal dapat dilakukan dengan menggunakan umpan buah misalnya, mangga, pisang, jambu klutuk (jambu biji), pepaya, daging kelapa muda, kersen atau seri dan berbagai jenis buah-buahan lainnya.

Pengalaman saya menggunakan buah sebagai umpan mancing ikan bawal adalah bukan secara kebetulan tapi atas pemberitahuan teman saja atau cerita dari mulut ke mulut. Buah yang akan digunakan dipotong persegi (dadu) dan lalu dikaitkan pada kail pancing (pisang dan mangga) sedangkan untuk buah kersen (seri) cukup dikupas sedikit kulitnya hingga bau wangi dari buah kersen bisa tercium.

Bawal biasanya makan buah pada pagi hari dan sore hari, entah kapan mulainya dan siapa pencetus pertama, saya juga tidak tau tapi ini pembicaraan antar pemancing di pemancingan umum ikan Bawal dan hal ini bukan sekali saya mencoba tapi sudah di beberapa tempat ternyata umpan ini ampuh sekali dan tidak pernah 'ngosong'. Cobalah umpan ini di saat kita mancing pagi-pagi sekali yakni antara jam 05.00 s/d 10.00 WIB.

Selain buah-buahan, ikan bawal juga menyukai berbagai jenis sayuran yang umumnya juga dikonsumsi manusia. Beberapa jenis sayuran seperti selada, kol, wortel bisa dicoba sebagai alternatif umpan mancing ikan bawal.

Jika ditelaah lebih lanjut, kegemaran ikan bawal (pacu fish) menyantap buah dan sayuran bukan tanpa sebab. Ikan bawal bukan ikan asli Indonesia, melainkan berasal dari kawasan Amazon. Di habitat alaminya, jelas dapat dipahami buah yang jatuh ke perairan akan menjadi santapan ikan bawal ini. Selain itu, pembudidayaan turut pula mempengaruhi pola makan ikan ini. Pada kolam pembesaran, ikan ini juga sudah terbiasa diberi pakan sayuran atau bahkan limbah berupa sisa-sisa makanan.

Selamat mencoba
Salam Mancing,
Mustika J Sanusi

Copyright © www.mancing.info

Additional information